Rembang Pasuruan Jawa Timur

MI Darul Ulum Rembang

DAFTAR ISI
1. Profil MI Darul Ulum
2. Sejarah Berdirinya MI Darul Ulum
3.Sejarah Perkembangan MI Darul Ulum
4. Visi, Misi dan Tujuan MI Darul Ulum

Profil MI Darul Ulum
1. Profil MI Darul Ulum Rembang
1. Nama Madrasah : MI Darul Ulum Rembang
2. NSM : 111235140213
3. Alamat lengkap : Jl. Raya Rembang no. 07 Desa Rembang Kec. Rembang Kab. Pasuruan
4. Kode pos : 67152
5. Status sekolah : Swasta
6. Akreditasi : A
7. Nama kepala madrasah : Abd. Hamid, S. PdI
8. Tahun berdiri : 01 Juli 1969
9. Waktu belajar : Senin – sabtu pukul 07.00 – 13.00
10. Libur : Hari minggu
11. Jumlah ruang : 9 rombel
12. No. telp : 085105719174
13. Website : midurembangpas.blogspot.co.id
14. Jumlah guru dan karyawan : 15 orang

Sejarah Berdirinya

Salah satu kebijakan pemerintah adalah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan pengembangan otonomi sekolah / madrasah. Manajemen berbasis sekolah merupakan salah satu cara mewujudkan kebijakan tersebut. Perencanaan sekolah atau madrasah merupakan aspek kunci MBS hanya melalui perencanaan yang efektif, mutu peserta didik akan dapat ditingkatkan dan kewajiban untuk menuntaskan wajib belajar 9 tahun dapat tercapai.

Di kecamatan Rembang Kab. Pasuruan pada saat itu jarang sekali masyarakat menyekolahkan anaknya karena pendidikan sekolah (formal) karena dianggap menelan biaya yang cukup mahal dan jangkauan jarak yang cukup jauh. Dengan keadaan tersebut masyarakat desa Rembang hanya cukup mendidik putra dan putri dengan mengaji di musolla, masjid dan pondok pesantren sehingga generasi pemuda dan pemudi masyarakat rembang tidak begitu berkembang sesuai dengan tuntutan zaman yang serba dinamis diwaktu itu. Ditengah-tengah kekrisisan pendidikan tampilah seorang tokoh ulama yang memikirkan nasib masyarakat Kecamatan Rembang khususnya masayarakat desa rembang sendiri yaitu K.H. Achyat Chulaimi pengasuh Ponpes Darul Ulum Rembang Kab. Pasuruan. Beliau berinisiatif untuk membangun sekolah tingkat dasar yang berbasis Islam, maka lahirlah Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Rembang. Dengan demikian dengan berdirinya MI Darul Ulum Rembang para santri Pondok Pesantren dan anak-anak masyarakat sekitar tidak hanya dapat menempuh pendidikan agama secara non formal tetapi juga dapat menempuh pendidikan dijalur pemerintahan dengan mendapatkan pendidikan kekinian dan memperoleh ijazah yang diakui sehingga pengetahuan agama saja melainkan dapat baca, menulis dan memperoleh ilmu pengetahuan umum.

Sebagaimana yang disebutkan di atas MI Darul Ulum Rembang di pelopori dan dirikan oleh K.H. Achyat Chulaimi pada tahun 1969 dalam naungan pondok pesantren Darul Ulum Rembang Pasuruan. Perjuangan beliau tidak kenal lelah untuk memajukan pendidikan di desa rembang. Untuk mengsukseskan berdirinya MI Darul Ulum beliau banyak melibatkan swadaya masyarakat sekitar, karena bagaimanapun MI Darul Ulum Rembang didirukan untuk kesejahteraan masyarakat. Pada awalnya fasilitas yang ada berjumlah 5 ruangan, 1 ruang guru dan 4 ruang kelas. Dengan perkembangan yang semakin maju dan pesat, muridnyapun bukan dari desa rembang dan santri pondok saja maka timbullah pemikiran masyarakat setempat untuk membangun ruang kelas baru, akhirnya salah satu masyarakat mewakafkan tanahnya pada tahun 1977 dengan ukuran panjang 85 m, lebar 45 m, luas 3825 m untuk digunakan sebagai pembangunan sekolah MI Darul Ulum Rembang sehingga saat ini MI Darul Ulum Rembang mempunyai 9 ruang kelas, 1 ruang guru, 1 ruang perpus, 1 ruang kepala madrasah dan 2 kamar mandi.

Perkembangan MI Darul Ulum

MI Darul Ulum merupakan Madrasah Ibtidaiyah tertua se-kecamatan rembang, pelopor adanya Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan rembang, MI Darul Ulum sudah terakreditasi mulai tahun 1977 dengan status “ di akui” yang saat itu di bawah bimbingan kepala madrasah pertama yakni bapak H. Abdul halim (Alm). Kemudian pada tahun 1980 an terjadi pergeseran jabatan yang kemudian diserahkan kepada bapak Abd. Hamid S. PdI yang menjadi kepala madrasah hingga saat ini. Pada awalnya berstatus “diakui” kemudian menjadi ” akreditasi B”. dengan berjalannya proses pendidikan yang semakin membaik kemudian MI darul Uum Rembang mendapat akreditasi “A”, ketika MI Darul Ulum Rembang mendapat akreditasi yang sangat membaik akhirnya menjadi sekolah percontohan di kecamatan rembang hingga saat ini.

Dari proses pendidikan yang semakin membaik pula, telah banyak prestasi yang didapatkan oleh MI Darul Ulum yakni menjadi madrasah percontohan se-kecamatan rembang, juara umum aksioma sekecamatan rembang pada tahun 2014, juara gerak jalan pada tahun 2014, dan pada tahun 2016 ini dipilih untuk mewakili lomba kelas inovatif untuk mengikuti lomba se provinsi.

Visi, Misi dan Tujuan Madrasah

Visi
Terwujudnya peserta didik yang berakhlaqul karimah dan berprestasi di bidang akamik maupun non akademik.
Indikator-indikator visi :
• Menjadikan ajaran-ajaran dan nilai-nilai Islam sebagai pandangan hidup, sikap hidup dan keterampilan hidup dalam kehidupan sehari-hari.
• Memiliki daya saing dalam prestasi UASBN
• Memiliki daya saing dalam memasuki pendidikan lanjut (SMP/MTs) yang favorit
• Memiliki daya saing dalam prestasi olimpiade Matematika, IPA, KIR pada tingkat lokal, nasional maupun internasional
• Memiliki lingkungan Madrasah yang nyaman dan kondusif untuk madrasah

Misi
• Meningkatkan kesadaran dalam melaksanakan ajaran Islam
• Menciptakan lingkungan yang Islami
• Melaksanakan PBM dengan memadukan IMTAQ dan IPTEK
• Meningkatkan sumberdaya manusia berkualitas dan berakhlak mulia

Tujuan
• Meningkatkan prestasi belajar siswa pada semua bidang studi yang di ajarkan di madrasah
• Menumbuh kembangkan sikap dan minat belajar yang tinggi di madrasah maupun di rumah
• Membiasakn siswa berperilaku sopan dan santun kepada teman, guru dan orangtua baik disekolah maupun di rumah
• Meingkatkan kemandirian dan rasa tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakulikuler

Tag : MI
0 Komentar untuk "MI Darul Ulum Rembang"

Back To Top