Rembang Pasuruan Jawa Timur

Madin Darul Ulum Rembang

LATAR BELAKANG

Madin Darul Ulum Rembang di dirikan pada tahun 1960 oleh KH. Ahyat Chulaimi yang beralamatkan di Jl. Raya Rembang No.7 Desa Rembang Kec. Rembang Kab. Pasuruan.

Sejarah berdirinya madin Darul Ulum Rembang berangkat dari hasyrat dan kepedulian masyarakat Rembang untuk menguasai ilmu agama, karena pada waktu itu pendidikan agama masih bercorak klasik dengan adanya pendidikan di musolla dan masjid yang mengajarkan al-Qur'an dan dasar-dasar ilmu agama yang mengakibatkan penguasaan keilmuan para santri kurang luas. Dengan kronologi tersebut Ahchyat Chulaimi mendirikan madrasah diniyah sehingga pembelajaran semakin efektif dan efisien karena didukung oleh kurikulum agama yamg sesuai tuntutan masyarakat dan didukung pembelajaran yang berjenjang.

Setelah berjalan beberapa puluh tahun pada tahun 1990 Madin Darul Ulum mendapatkan ijin operasional yang resmi dari pemda Kab. Pasuruan dan mendapatkan pembinaan dari pergurag (perguruan agama) Kab. Pasuruan untuk meningkatkan kualitas SDM diantaranya dengan diberikannya biaya operasional sekolah daerah (Bosda), penambahan gedung pembelajaran dan pengembangan SDM dalam bidang pembelajaran.

MATA PELAJARAN

Materi ajar yg diberikan kepada santri Madin Darul Ulum Rembang sesuai dengan kurikulum Pemda Kab. Pasuruan sebagai berikut:
1. Fiqh
2. Akhlak
3. Hadits
4  Nahwu sharaf
5. Tauhid
6. Bhs. Arab

TINGKATAN

Sifir 2 tahun
Wustha 2 tahun
Ulya 1 tahun

VISI, MISI DAN TUJUAN

VISI
Terbentuknya Madrasah Diniyah yang unggul dalam pengembangan aspek spiritual, akhlak dan syari'ah yang sesuai dengan Aswaja An-nahdliyah

MISI
1. Mewujudkan generasi penerus bangsa yang cinta kepada ilmu-ilmu spiritual, akhlak dan syari'ah yang sesuai dengan Aswaja An-nahdliyah.
2. Mewujudkan pembelajaran  yang berkaitan dengan aspek spiritual, akhlak dan syari'ah yang sesuai dengan Aswaja An-nahdliyah.
3. Mewujudkan generasi bangsa yang mampu mengaplikasikan  aspek spiritual, akhlak dan syari'ah yang sesuai dengan Aswaja An-nahdliyah dalam kehidupan sosial.

Tujuan
1. Terwujudnya generasi bangsa yang berkepribadian Islami dalam kehidupan bersosial.
2. Terwujudnya pembelajar yang mempunyai etos belajar yang semangat.
3. Terwujudnya generasi bangsa yang bermanfaat untuk agama dan negara.
Tag : Madin
0 Komentar untuk "Madin Darul Ulum Rembang"

Back To Top