Rembang Pasuruan Jawa Timur

TPQ Darul Ulum Rembang

DAFTAR ISI
1.Profil TPQ Darul Ulum
2. Sejarah Berdirinya
3. Metode Pembelajaran
4. Visi Misi
5. Tujuan TPQ

1. Profil TPQ Darul Ulum

1

Nama TPQ

: Darul ULum

2

Nomor Induk

: A.237

3

Alamat Lengkap

: Jl. Rembang No 7, Desas Rembang, Kec. Rembang, Kab. Pasuruan, Prov. Jawa Timur

4

Tahun Berdiri

04 Juli 2001

5

Waktu Belajar

: Sore dan malam

6

Libur

: Hari Jum’at

7

Banyak Ruang

: 6 Ruang

2. Sejarah Bedirinya

TPQ adalah sebuah singkatan dari Taman Pendidikan Al-Qur’an, TPQ Darul Ulum adalah salah satu lembaga pendidikan non formal dalam naungan Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum yang secara khusus melaksanakan program pendidikan Baca Al-Qur’an sebagai wadah pengembangan program pengajaran Al-Qur’an yang sudah ada sebelumnya.

TPQ Darul Ulum didirikan oleh Alm. KH. Achyat Hulaimi pada tahun 2001 yang beralokasi di Desa Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. TPQ darul ulum didirikan oleh Alm. K.H. Ahyat Chulaimi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menuntut anaknya untuk bisa membaca al-Qur’an dalam waktu yang cepat dan singkat, karena pada umumnya para santri membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 tahun.

3. Metode Peembelajaran

Sebelum TPQ darul ulum didirikan di Pondok Pesantren ini metode pembelajran Al-Qur’an menggunakan metode Baghdadiyah sebagai metode lama dan telah digunakan oleh kebanyakan lembaga atau tempat pengajaran baca Al-Qur’an di kalangan masyaratakat Muslim pada saat itu. Dan pada sekitar tahun 1997 di Pondok Darul Ulum Rembang pernah memakai metode Iqra’ kurang lebih 4 tahun, namun baik metode Baghdiyah maupun Iqra’ pada saat itu hasilnya kurang optimal, masih banyak santri yang telah belajar / mengaji Al-Qur’an beberapa tahun namun hasilnya belum lancar dan fasih sesuai dengan kaidah tajwid. Sehingga kondisi yang demikian mendasari pemikiran Pengasuh Pondok Pesantren untuk mendirikan TPQ dengan motode Qiroati, dengan manajemen yang lebih baik dengan harapan out putnya jua lebih berkualitas.

Metode pembejaran Qiro’ati yang berjalan di TPQ darul ulum berjalan dengan sangat baik dibanding dengan metode lama, metode lama para santri hanya dapat menguasai fashohah, tartil, gharib, dan tajwid hanya dengan kemampuan 50 persen. Semenjak di TPQ darul ulum diterapkan metode pengajaran Qiroati para santri dapat fasih membaca al-Qur’an dengan menguasai fashohah, tartil, gharib, dan tajwid di atas 50 persen. Dalam jangka 1 sampai 2 tahun para santri dapat membaca al-Qur’an dengan fasih dengan kesungguhan para pendidik dan dengan dukungan metode Qiro’at di TPQ darul ulum.

4. Visi – Misi TPQ

VISI

Taman Pendidikan Al-Qur’an Darul Ulum rembang mempunyai visi : “terwujudnya Santri yang dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil dan fasih sesuai dengan kaidah tajwid serta dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari – hari”

Misi

Guna mencapai Misi TPQ tersebut, TPQ Darul Ulum mempunyai Misi :
1. Melaksanakan Proses Pembelajaran Baca Al-Qur’an dengan metode yang efektif dan efisien dan menyenangkan.
2. Melaksanakan pembinaan dan tadarus guru secara rutin tiap 2 minggu sekali di lembaga, 1 bulan sekali di Kecamatan dan 4 bulan sekali di Kabupaten ( Cabang )
3. Bekerja sama dengan masyarakat guna mendukung dan menyediakan fasilitas yang memadai untuk pengembangan sarana dan prasarana TPQ.
4. Melengkapi adminidtrasi yang diperlukan dalam TPQ baik di bidang pembelajran maupun kelembagaan.
5. Meningkatkan kesejahteraan guru dan pegawai agar dapat melaksanakan tugas mengajar dengan disiplin dan professional.

5. Tujuan TPQ

Adapun tujuan didirikan TPQ Darul Ulum adalah sebagai berikut :
1. Memberantas bura huruf Al-Qur’an dikalangan masyarakat muslim
2. Membantu pemerintah dalam rangka ikut mencerdaskan bangsa khususnya dalam bidang baca tulis Al-Qur’an
3. Memelihara kesucian dan kemulyaan Al-Qur’an yang harus dibaca dengan tartil dan difahami serta diamalkan dalam kehidupan sehari - hari.

0 Komentar untuk "TPQ Darul Ulum Rembang "

Back To Top