Rembang Pasuruan Jawa Timur

RA Darul Ulum Rembang

RA Darul Ulum adalah pendidikan anak untuk usia dini yang tercatat paling tertua di Desa Rembang, yang dirintis oleh KH. Achyat Chulaimy selaku pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Rembang pada tahun 1966 merupakan awal kali pendidikan formal didirikan di lingkungan yayasan Ponpes Darul Ulum.

Di Desa Rembang pada waktu itu hanya ada lembaga pendidikan Agama informal seperti Madrasah Diniyah, ngaji di Masjid dan Musholla yang hanya mengajarkan baca tulis Bhs.Arab, sangat jarang sekali anak-anak sekolah formal yang menyebabkan pemuda pemudi Rembang tidak bisa baca tulis. Meskipun ada sebagian anak usia yang sekolah formal harus terpaksa menempuh 12 KM karena waktu itu sekolah formal untuk usia dini ada di kota Bangil.

Dengan kronologi itulah KH. Mendirikan RA Darul Ulum yang semula kegiatan pembelajaran dilaksanakan di Masjid dengan di asuh oleh seorang guru Ibu fatimah sekaligus kepala sekolah. Pada suatu hari berkunjung ketua camat Kec. Rembang yang bernama Bpk. Toha ke Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum, Bpk Toha melihat kondisi ini ikut prihatin dan memberikan biaya pembangunan gedung sejumlah 2 kelas.

Sekitar tahun 1975 kepala RA di pegamg oleh Ibu Hindun dari Desa Pekoren Dusun. Ketapan sampai tahun 1985, dan digantikan oleh Ibu. Dawami, S.Pd hingga saat ini. Dengan perjalan waktu yang panjang RA Darul Ulum mempunyai Sarana dan prasarana yang lengkap mulai dari media pembelajaran yang mencukupi dan Ruang Kelas 5 rombel.

VISI

Terwujudnya insan kamil, yaitu insan yang berilmu pengetahuan dan teknologi serta beriman dan bertaqwa yang berbudi luhur dan islami.

MISI

1. Menjadikan lembaga pendidikan unggulan yang murah dan berciri khas islami.

2. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan profesionalisme tenaga kependidikan sesuai perkembangan dunia kependidikan.

3. Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu dan teknologi serta mempunyai daya juang kreatif, inovatif dan mempunyai landasan iman dan taqwa.

TUJUAN

1. Terciptanyabkehidupan yang religius di lingkungan RA Darul ulum Rembang yang nampak dalam perilaku ikhlas, sederhana, mandiri, ukhwah dan bebas berkreasi.

2. Diraihnya prestasibyang baik oleh alumni RA Darul Ulum Rembang selama menempuh pembelajarana di sekolah lanjutan.

3. Diterimanya lulusan RA Darul Ulum Rembang di sekolah lanjutan yang berkualitas baik negeri maupun swasta.

Tag : RA DUR
0 Komentar untuk "RA Darul Ulum Rembang"

Back To Top