Rembang Pasuruan Jawa Timur

Tentang Pesantren Darul Ulum

DAFTAR ISI
Tentang situs www.darululum .or.id
Sekilas Profil Pesantren
Kurikulum
Lokasi
Unit Pendidikan

Tentang situs www.darululum .or.id

Darululum.or.id merupakan situs resmi pondok pesantren Darul Ulum Rembang Pasuruan Jawa Timur. Dimana situs darululum.or.id ini akan menjadi media dakwah secara online bagi kalangan masyarakat secara luas, karena pada masa sebelumnya Pondok Pesantren Darul Ulum hanya dikenal oleh kalangan masyarakat Kabupaten Pasuruan. Dengan adanya situs ini kami berharap Pondok Pesantren Darul Ulum lebih eksis lagi dalam mensyi'arkan agama Islam, terutama kami ingin menawarkan program pendidikan yang ada di lembaga kami yang mencakup pengetahuan agama dan sains

Sekilas Profil Pesantren

Pondok Pesantren Darul Ulum merupakan lembaga pendidikan Islam yang di dirikan oleh Alm. K.H. Moch. Ikhsan pada tahun 1950 an, dan dikembangkan dan dibesarkan oleh Alm. K.H Ahyat Chulaimi pada tahun 1960 an yang merupakan menantu pertama beliau. Setelah K.H. Achyat Chulaimi wafat diteruskan oleh putranya K.H. Sibro Mulisi.

Darul Ulum sebagai Pondok Pesantren yang bersystem salaf dengan memelihara tradisi Salafus Shaleh yang berpegang teguh kepada al-Qur'an dan al-Hadits, Fiqh empat madzhab, dalam bidang ilmu kalam Asy'ariyah dan Maturidiyah serta tidak radikal dan liberal. .

Kurikulum

Kurikulum pondok pesantren Darul Ulum yang paling mendasar adalah para santri harus fasih membaca al-Qur'an secara tertil. Membaca al-Qur'an dengan fasih merupakan keharusan yang paling utama bagi setiap santri dimanapun, termasuk di pesantren darul ulum. Metode yang dipakai untuk membaca al-Qur'an dengan fasih memakai metode qiroati, kemudian dilanjutkan dengan pelajaran tajwid untuk memahami hukum dan bacaan al-Qur'a sampai para santri benar-benar menguasai membaca al-Qur'an. Pelajaran al-Qur'an diperoleh di TPQ dan pengajian harian di pesantren.

untuk mencetak para santri yang mempunyai keilmuan agama, maka tidak cukup dengan hanya memberikan pelajaran tentang membaca al-Qur'an, akan tetapi lebih lanjut para santri harus memahami hukum Islam dari sumber asalnya, yaitu teks kitab kuning. Untuk itu para santri dituntut mampu membaca kitab kuning dengan menguasai ilmu nahwu sharaf terlebih dahulu. Pelajaran ilmu nahwu sharaf didapatkan di Madrasah Diniyah (MADIN), dan di beberapa pengajian intensif di pesantren . Sedangkan praktek dan keahlian membaca kitab kuning akan diperoleh di pesantren, dengan metode memakai sorogan yaitu para santri membaca kitab kuning sekaligus makna perkalimat dan menerjemahkannya, sedangkan ustadz sebagai seorang penilai salah dan benarnya. Pada umumnya kitab yang dipakai untuk praktek adalah kitb-kitab fiqh dan tasawuf.

Adapun jenis-jenis kitab yang dikaji di pondok pesantren Darul Ulum adalah
1. Fiqh
2. Ushul Fiqh
3. Tasawuf
4. Ulumul Qur’an
5. Hadist-Ilmu Hadist
6. Nahwu-Sharaf
7. Mantiq
8. Ilmu tauhid-Kalam
9. dan lain lain

Lokasi

Pondok Pesantren Darul Ulum berlokasi di Jl. Raya Rembang No. 7 desa Rembang Kecamatan Rembang, kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Telp. 742849/085785487776, kode pos 67152. Sebelah utara kantor polsek rembang, yang berjarak sekitar 50 M.

Nama Alamat Rembang di jawa Timur sangat identik dengan Rembang yang ada di Jawa Tengah. Nama alamat Rembang di jawa Timur hanyalah kecamatan yang terletak di Kabupaten Pasuruan, sementara Rembang di Jawa Tengah nama Kabupaten yang termasuk bagian dari provinsi jawa Tengah.

Unit Pendidikan

Pondok pesantren Darul Ulum rembang mempunyai beberapa unit pendidikan yang bernaung dibawah yayasan pondok pesantren Darul Ulum yang terdiri dari pendidikan formal dan non formal, diantaranya:

1. TK/RA Darul Ulum
2. MI Darul Ulum (terakreditasi A)
3. MTs Darul Ulum (terakreditasi A)
4. Madrasah Diniyah Darul Ulum
5. TPQ Darul Ulum
6.Tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Darul Ulum.

1 Komentar untuk "Tentang Pesantren Darul Ulum "

terus semangat perjuangan....................

Back To Top